Sukses

Parenting

Perkembangan Balita Usia 12-18 Bulan: Belajar Naik

Memasuki usia 12 bulan atau 1 tahun, perkembangan balita Anda akan mulai belajar untuk naik ke atas kursi, meja, hingga tempat tidur. Biasanya si kecil menaiki tempat-tempat tersebut karena penasaran dengan apa yang ada di atas sana atau karena mainannya ada di tempat tersebut.

Pada usia 12-18 bulan ini, balita Anda akan belajar menemukan keseimbangan antara tantangan dan risiko yang akan terjadi. Nah, karena naik adalah salah satu kemampuan penting dalam tahap perkembangan seorang anak, Bunda perlu membantu si kecil dalam mengkoordinasikan gerak tubuhnya.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Bunda lakukan untuk membantu perkembangan si kecil yang telah dirangkum dari laman parenting.com.

• Kondisikan tempat-tempat di rumah sebagai arena yang aman untuk si kecil belajar naik. Misalnya dengan meletakkan bantal di bawah kursi ketika ia naik kursi atau memasang karpet di lantai rumah.
• Jauhkan si kecil dari benda-benda yang dapat jatuh padanya ketika ia menaiki sesuatu serta benda-benda yang dapat menarik perhatiannya. Untuk sementara, redam keinginan Anda untuk menghias meja atau perabot rumah dengan vas bunga yang cantik.
• Kurangi kesempatan si kecil untuk menaiki tempat-tempat yang berbahaya. Seperti misalnya dengan menjauhkan kursi dari kompor atau memasukkan kursi di bawah meja supaya ia tidak menaiki meja yang terlalu tinggi.
• Jika rumah Anda adalah rumah 2 lantai, sebaiknya pasang pembatas pada bagian bawah dan atas tangga supaya si kecil tidak sembarangan naik turun tangga. Ajari ia naik turun tangga dengan menggandengnya untuk menaiki dan menuruni tangga.

Jadi, siap menjaga si kecil dari hal-hal yang berbahaya saat ia belajar naik?

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading