Sukses

Parenting

Perkembangan Balita Usia 12-36 Bulan: Mengajaknya Suka Membaca

Pernahkah Bunda membacakan cerita sebelum tidur untuk si kecil? Buah hati Anda pasti suka sekali ketika Bunda membacakan cerita untuknya. Pada usia 2 – 3 tahun, si kecil akan memasuki perkembangan balita di mana ia akan mulai mengenal bahkan belajar membaca.

Pada usia ini, ketika Bunda membacakan cerita untuk si kecil, ia akan mulai mengenal apa itu buku, bagaimana cara membaca, dan ternyata buku dapat menceritakan sebuah cerita. Si kecil pun akan mengetahui bahwa setiap cerita memiliki sebuah awal dan akhir.

Nah, Bunda pasti ingin bukan jika si kecil suka membaca? Apabila Bunda ingin nantinya si kecil suka membaca, maka mulai usia ini Bunda perlu mendorong si kecil untuk suka membaca. Berikut adalah cara untuk mendorong si kecil suka membaca dari laman parenting.com.

• Membacakan cerita untuk si kecil setiap hari atau setiap sebelum tidur supaya ia semakin tertarik untuk membaca buku.
• Beri buah hati Anda buku dan biarkan ia bermain serta mengeksplorasi buku tersebut sesuka hatinya.
• Jika Bunda membacakan cerita untuk si kecil, usahakan untuk tidak terlalu lama atau sekitar 10 menit supaya ia tidak mudah bosan.
• Beri si kecil pertanyaan sederhana mengenai buku yang baru saja Anda bacakan untuknya supaya terjadi interaksi antara Bunda dan si kecil.
• Jika si kecil malah mengambil buku yang Anda bacakan untuknya, biarkan saja ia mengeksplorasi buku tersebut.

Selamat mengenalkan si kecil untuk suka membaca.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading