Sukses

Parenting

Perkembangan Balita Usia 18-24 Bulan: Belajar Berbicara

Mendengarkan si kecil berbicara untuk yang pertama kalinya pasti membuat Bunda senang bukan main. Seiring dengan bertambahnya usia, perkembangan balita dalam kemampuan verbal pun mulai berkembang dari sekedar kata-kata hingga membentuk sebuah kalimat sederhana.

Tidak hanya Bunda yang gembira, si kecil juga akan semakin tertarik untuk belajar mengucapkan satu dua kalimat. Sekarang Bunda dapat membuat sebuah percakapan dengan buah hati tercinta. Untuk semakin memancing si kecil berbicara, berikut ada tips dari parenting.com yang dapat Bunda lakukan untuk si kecil.

Biarkan ia berbicara
Rasanya tidak sabar memang jika mendengarkan si kecil berbicara yang masih bingung menggunakan kata-kata. Namun, Bunda sebaiknya menghindari menyelesaikan kalimat untuk si kecil. Melakukan hal tersebut justru akan membuatnya frustasi dan enggan berbicara lagi.

Si kecil masih tetap akan menangis
Bunda, tetap ingat bahwa si kecil masih dalam tahap belajar berbicara. Maka dari itu, si kecil pun masih tetap akan menangis saat ia lelah, lapar, marah, dan bingung menggunakan kata-kata yang baru saja diketahuinya. Jadi, tetap bersabar ya, Bun.

Beri ia kesempatan
Yup, berilah buah hati Anda yang sedang belajar berbicara kesempatan yang banyak untuk berbicara. Apabila di rumah ada anak yang lebih besar, ajak ia juga untuk memberi kesempatan bagi si kecil untuk lebih banyak berbicara.

Kurangi terlalu banyak mengoreksi
Mengoreksi si kecil saat salah mengucapkan kata-kata terlalu sering dapat membuat ia putus asa dan malas berbicara. Daripada mengoreksinya, lebih baik Bunda memberikan contoh yang benar saat Bunda berbicara menggunakan kata-kata yang salah tersebut.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading