Sukses

Parenting

Perkembangan Balita Usia 18-36 Bulan: Mengenal Kemandirian

Siapa sangka bayi kecil Bunda sekarang sudah berusia 2 tahun dan perkembangan balita Anda pun sudah semakin berkembang seiring bertambahnya usia. Si kecil yang dulu selalu bergantung kepada Bunda sekarang sudah mulai merasakan bahwa dirinya adalah seorang individu.

Dengan kata lain, si kecil sudah mulai mengenal tentang kemandirian. Tak jarang ia sekarang lebih suka melakukan beragam hal sendirian tanpa ditemani Bunda. Nah, untuk membantu perkembangan emosinya supaya lebih mandiri parenting.com menyarankan Bunda untuk melakukan hal berikut.

Beri ia waktu untuk sendiri
Yup, berikan balita kecil Anda waktu untuk melakukan hal yang diinginkannya sendiri. Apabila si kecil ingin memakai sepatu sendiri atau mengambil bonekanya sendiri, biarkan saja Bun. Biarkan ia melakukan hal yang nanti akan menjadi kewajibannya sendiri asalkan tetap dalam pengawasan.

Ajak si kecil membereskan rumah
Hal lain yang dapat mengajarkan si kecil mengenai kemandirian adalah dengan mengenalkannya pada tugas Bunda sebagai ibu rumah tangga. Ajaklah si kecil untuk membersihkan debu pada meja, menyiram taman, mencuci piring, dan beragam tugas Bunda yang lainnya.

Bersabarlah
Sabar merupakan kunci penting dalam mengajarkan si kecil mengenai kemandirian. Meskipun si kecil memerlukan waktu yang cukup lama saat ia makan sendiri, Bunda harus tetap sabar. Biarkan ia belajar dan menemukan cara bagaimana makan dengan sendiri.

Tetap tegas
Walaupun Bunda harus bersabar, Anda tetap harus bersikap tegas pada buah hati Anda. Tegas di sini maksudnya untuk menjaga si kecil dari hal-hal berbahaya. Bunda tetap harus melarang ia melakukan hal-hal yang membahayakan dirinya.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading