Sukses

Parenting

Menghadapi si Kecil yang Bertengkar Ketika Sedang dalam Pendidikan Luar Sekolah

Pendidikan luar sekolah seperti PAUD atau TK merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan kemampuan sosialnya. Namun, apa jadinya jika si kecil bertengkar dengan teman sekelasnya?

Bertengkar memang merupakan hal yang wajar untuk anak-anak. Namun, bagaimana cara yang tepat yang harus Bunda lakukan jika Bunda mendapati si kecil bertengkar? Jika Bunda masih bingung, Bunda bisa mencoba melihat ulasan berikut ini yang berhasil dirangkun dari laman babycentre.co.uk.

Ketika si kecil dan kawannya bertengkar, yang harus Bunda lakukan adalah memastikan bahwa si kecil mengetahui bahwa yang sedang ia lakukan adalah salah. Bunda tak perlu memerahinya, namun Bunda harus menasehati dan mengarahkannya.

Contohnya saja, ketika si kecil bertengkar dengan temannya karena memperebutkan suatu benda. Bunda jangan langsung mengambil benda tersebut dan langsung menyuruh temannya pulang. Ini merupakan penyelesaian yang kurang bijak karena si kecil tidak akan belajar apapun dari hal tersebut.

Agar si kecil mengetahui bahwa yang dilakukannya salah, Bunda bisa bertanya seperti “apakah yang kamu lakukan tadi tepat?” dengan menanyakan pertanyaan seperti itu, Bunda telah mengajai si kecil untuk mulai memikirkan perbuatannya.

Tentu saja membangun kebiasaan melakukan dialog ketika si kecil melakukan kesalahan merupakan hal yang tidak mudah. Namun, jika si kecil sudah terbiasa berpikir dengan cara seperti ini, akan sangat mudah bagi Bunda untuk menerapkannya.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading