Sukses

Parenting

Kacang Merah, Makanan Ibu Menyusui yang Kaya akan Zat Besi, Protein, dan Asam Folat

Kacang merah adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang bentuknya hampir sama dengan bentuk ginjal. Di luar negeri, kacang merah ini dikenal sebagai kidney bean (kidney adalah bahasa Inggris dari ginjal). Kacang merah merupakan makanan ibu menyusui yang kaya akan zat besi, protein, dan asam folat.

Seperti dilansir dari laman webmd.com, zat besi yang ada di dalam kacang merah berguna untuk menjaga energi Bunda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Menyusui bayi membutuhkan energi ekstra karena Bunda harus selalu siap setiap kali si kecil meminta ASI.

Dengan mengonsumsi protein, ASI yang Bunda berikan ke bayi juga akan mengandung protein. Protein adalah unsur yang sangat dibutuhkan bayi untuk pembentukan dan pemeliharaan bagian-bagian tubuhnya, seperti otot, tulang, dan otak.

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B yang berguna untuk kesehatan dan perkembangan bayi Bunda. Kacang merah mengandung banyak sekali vitamin B, dan kacang merah juga baik dikonsumsi selama masa kehamilan untuk mencegah kecacatan saat bayi lahir.

Kacang merah juga memiliki manfaat lain selain tiga manfaat di atas. Salah satu manfaat lainnya adalah mengurangi risiko Bunda mengalami serangan jantung.

Menurut whfoods.com, sebuah studi dilakukan dengan membandingkan pola konsumsi di berbagai negara. Studi tersebut menemukan fakta yang mengejutkan, bahwa penduduk di sebuah negara yang sering mengonsumsi kacang merah memiliki risiko yang sangat kecil untuk terserang penyakit jantung.

Penurunan risiko ini hampir 82%! Menurut para ilmuwan, komponen-komponen yang ada di dalam kacang merah yang berfungsi menurunkan risiko tersebut adalah asam folat, serat, dan magnesium.

Cobalah mengonsumsi kacang merah dan rasakan manfaatnya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading