Sukses

Parenting

Buncis, Makanan Ibu Menyusui yang Kaya akan Asam Folat

Buncis adalah kacang-kacangan yang umum dikonsumsi oleh orang Indonesia. Buncis merupakan makanan ibu menyusui yang kaya akan asam folat, salah satu jenis vitamin B.

Seperti dilansir dari laman wikihow.com, asam folat yang ada di dalam buncis berguna bagi perkembangan bayi. Apabila Bunda mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi seperti buncis, ASI yang Bunda berikan pada bayi akan lebih banyak kandungan asam folatnya. Buncis juga membantu agar kesehatan Bunda tetap terjaga.

Selain bermanfaat bagi ibu menyusui, Buncis juga memiliki berbagai macam manfaat lain. Berikut ini penjelasannya seperti dilansir dari laman besthealthmag.ca.

- Mengurangi risiko kanker

Buncis mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah kanker. Antioksidan tersebut adalah kaempferol dan quercetin. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan di Deakin University, Australia, dua senyawa antioksidan tersebut dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker.

- Merawat sendi

Buncis mengandung vitamin K yang baik untuk tulang. Dengan mengonsumsi sekitar 250 ml buncis mentah setiap harinya, Bunda sudah memenuhi kebutuhan vitamin K harian sebesar 19%. Vitamin K juga berguna untuk membungkus sel darah di dalam tubuh.

- Melindungi jantung

Serat yang ada di dalam buncis terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat tersebut juga terbukti mampu mencegah peradangan dan menurunkan tekanan darah. Dengan takaran yang sama seperti di atas yaitu 250 ml, Bunda sudah memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 12%.

Segera konsumsi buncis ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading