Sukses

Parenting

Untuk Ibu Hamil Menyusui, Hindari Makanan Berikut (1)

Selamat, Bunda. Anda telah menjadi ibu hebat yang memilih untuk tetap menyusui dengan ketulusan agar dapat memenuhi nutrisi bayi Anda. Kini, sebagai ibu hamil menyusui tentu Anda akan lebih memperhatikan apa saja makanan atau minuman yang diproses oleh tubuh Anda.

Nah, demi memenuhi nutrisi dan kalori yang dibutuhkan selama hamil dan menyusui, ternyata tidak semua makanan bergizi bisa dimasukkan dalam daftar menu Anda loh, Bunda. Bahkan beberapa makanan yang pada normalnya termasuk makanan yang menyehatkan ternyata tidak terlalu baik bagi Anda.

Laman pregnant.thebump.com telah menyebutkan beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama Anda masih menyusui bayi Anda. Dicatat ya, Bunda.

- Ikan. Siapa sangka hewan yang kaya akan protein dan cita rasa yang lezat ini menjadi salah satu makanan yang perlu dihindari. Namun Bunda, bukan berarti semua jenis ikan tidak boleh dikonsumsi, namun ikan yang mengandung zat merkuri tinggi seperti tuna atau ikan-ikan kaleng lainnya.

Kabarnya, Bunda, ikan tidak terlalu baik pula untuk wanita yang sedang berusaha untuk memperoleh kehamilan. Nah, jika yang belum hamil saja disarankan mencegahnya, apalagi yang sudah hamil sambil menyusui?

- Alkohol. Tidak bisa dipungkiri kalau yang ini memang banyak dihindari. Namun Bun, ternyata sebuah akademi ilmu kesehatan anak menyatakan bahwa 1-2 gelas alkohol dalam seminggu masih diperbolehkan, sedangkan sebuah organisasi lain melarang keras.

Pasalnya nih Bun, alkohol bisa menyebabkan tubuh Anda susah menghasilkan ASI dan kandungan buruknya pun bisa terikut dalam ASI yang diminum bayi Anda. Wah, padahal ketika hamil saja produksi ASI bisa mengering, apalagi jika ditambah minum alkohol? Dihindari ya, Moms.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading