Sukses

Parenting

Ibu Hamil Menyusui yang Ingin Mulai Menyapih, Bagaimana Caranya? (5)

Sampai kapan ya batas menyusui untuk ibu hamil menyusui? Pernahkah Anda mengira-ngira waktu yang terbaik untuk berhenti, Moms? Atau mungkin Anda berencana untuk tetap menyusui hingga si adik nanti lahir?

Laman pregnancy.com menjelaskan bahwa sebenarnya tubuh Anda dapat memberikan sinyal-sinyal tertentu yang menunjukkan bahwa ‘sekarang adalah waktunya menyapih’. Tanda-tanda yang muncul biasanya berupa perih dan nyeri pada puting payudara ibu.
Sudahkah tanda tersebut muncul?

Namun, ada baiknya juga untuk tidak menunggu hal tersebut terjadi dengan mulai melakukan penyapihan dari sekarang. Beberapa langkah dalam menyapih telah Anda ketahui dari artikel-artikel sebelumnya, sekarang Anda akan diajak untuk mengetahui langkah yang lainnya.

Langkah selanjutnya adalah gunakan kalimat pembujuk. Seorang anak yang telah mencapai ± 18 bulan memiliki kemampuan untuk memahami kalimat-kalimat sederhana. Anda bisa mengatakan konsep-konsep tertentu yang telah dipahami anak Anda dengan tujuan menghindari minum ASI di malam hari.

Apalagi ketika usia kandungan sudah semakin mendekati masa persalinan, Anda sebaiknya menghindari kegiatan yang mengakibatkan Anda kelelahan. Untuk itu, ajak si ayah untuk mengasuh anak Anda yang lebih tua.

Jika sejak saat ini si ayah telah membantu untuk mengasuh si kakak, maka nanti ketika si adik lahir Anda tidak akan kelimpungan untuk mengasuh keduanya bersamaan sendirian. Selain itu, masa-masa seperti ini akan menjadi waktu yang tepat bagi ayah untuk membangun hubungan emosional dengan anaknya.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading