Sukses

Parenting

Ibu Hamil Menyusui yang Ingin Mulai Menyapih, Bagaimana Caranya? (4)

Tidak semua yang menyenangkan baik, dan begitupun sebaliknya, tidak semua yang tidak menyenangkan itu buruk. Hal ini ternyata juga berlaku bagi para ibu hamil menyusui. Anda merasa tidak tega untuk menyapih anak Anda, namun itulah caranya.

Seperti yang telah disampaikan untuk Anda di artikel-artikel sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mulai menyapih anak Anda. Secara umumnya, Anda sebaiknya bekerja sama dengan suami Anda.

Laman pregnancy.com telah menyebutkan bahwa tujuan utama untuk menyapihnya saat ini adalah agar Anda bisa beristirahat lebih banyak. Apa hubungannya? Masih ingat langkah sebelumnya yang menganjurkan untuk memisah tempat tidur dengan anak Anda?

Dengan memisah tempat tidur, Anda sebenarnya melindungi anak Anda dari kebiasaaan terbangun tengah malam dan mencari ASI. Anda pun tidak bisa serta merta tidur dong, Moms. Anda akhirnya ikut terjaga hingga ia terlelap lagi.

Jika anak Anda sebenarnya sudah cukup besar dan berani, cara terbaiknya adalah dengan memberinya kamar terpisah. Kamar terpisah akan berkesan eksklusif untuk anak Anda. Beri juga ia keleluasaan untuk menentukan dekorasi kamarnya.

Namun, jika ternyata ia tidak tertarik untuk pindah kamar, Anda yang harus pindah. Ketika malam telah tiba dan ia sudah tidur, perlahan Anda pindah dan meninggalkan ia berdua dengan ayahnya. Jika ia terbangun dan menangis karena Anda tidak ada, biar ia membiasakan diri dengan ayahnya.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading