Sukses

Parenting

Ibu Hamil Menyusui yang Ingin Mulai Menyapih, Bagaimana Caranya? (1)

‘Dok, saya adalah ibu hamil menyusui dengan seorang anak yang masih berusia 17 bulan. Saya berencana untuk tetap menyusuinya hingga usianya genap 2 tahun, namun saya juga ingin mulai perlahan menyapihnya dari sekarang. Bagaimana caranya untuk memulai?’

Nah Bunda, apakah pertanyaan sekaligus pernyataan dari seorang ibu di atas merupakan keluhan Anda juga? Mungkin Anda sedang bingung untuk mengambil langkah tepat dan terbaik untuk menyapihnya. Hal tersebut berarti Anda sudah menemukan laman yang tepat.

Telah dirangkum dari laman parenting.com tentang langkah-langkah yang bisa membantu Anda dalam menyusun ‘rencana penyapihan’. Simak ya, Bunda.

Langkah pertama adalah berikan waktu lebih banyak bagi si ayah untuk menggantikan Anda. Jika anak Anda setiap malam masih tidur bersama Anda dan suami, sedangkan Anda sadar bahwa tak lama lagi si adik akan hadir di tengah-tengah Anda semua, tentu telah terpikir bahwa satu ranjang pasti akan menyusahkan untuk 4 orang sekaligus.

Nah, tipsnya adalah ketika malam biasanya anak Anda bangun dan mencari ASInya, bangunkan suami Anda untuk menggendongnya atau menenangkannya. Memang sih Bun rasa bersalah akan muncul, namun yang demikian merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan. Bukankah suami Anda pun bisa membangun chemistry yang lebih baik jika begitu?

Efek atau manfaat yang diharapkan dari tips di atas adalah agar setidaknya Anda bisa mengurangi jadwal menyusui di malam hari. Anda pun bisa membagi tugas meninabobokkan anak Anda dengan ayahnya ketika malam hari.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading