Sukses

Parenting

Atasi Puting Pecah untuk Ibu Hamil Menyusui

Puting yang sangat perih dan nyeri sehingga berakibat pada puting yang pecah-pecah merupakan permasalahan bagi ibu hamil menyusui. Apakah masalah tersebut juga terjadi pada Anda, Moms?

Nah, jika benar masalah tersebut juga mengganggu aktivitas menyusui Anda, sebaiknya Anda segera mengambil alat mencatat agar dapat mempraktikkannya nanti. Beberapa tips berikut mungkin dapat membantu Anda dalam menghadapi hari berat Anda.

Anda bisa jadi telah mendapatkan berbagai informasi dari banyak teman dekat, tetangga, orang tua, dokter, atau siapapun yang berpengalaman dalam hal hamil menyusui. Akan tetapi, kecenderungan dari orang yang mengetahui ketika Anda ‘tersiksa’ karena menyusui saat hamil adalah berhenti menyusui.

Eits, tentu kini bukan saatnya merenungi tapi segera mencari solusi. Seperti yang telah dilansir oleh laman pregnant.thebump.com, puting yang pecah-pecah bisa diakibatkan oleh banyak hal. Nah, dalam kondisi hamil hal tersebut bisa sangat menyakitkan karena ditambah dengan mengeringnya ASI.

Jika anak Anda (yang sedang membutuhkan ASI) sudah tidak mengonsumsi ASI secara eksklusif, yang dalam artian ia telah dapat menerima makanan padat sebagai sumber energinya, dan hanya minum ASI sesekali saja, Anda masih aman, Moms. Permasalahan tentu dirasa tidak terlalu besar, kan?

Namun, untuk mengatasi puting yang pecah-pecah dan perih, Anda perlu untuk melakukan perawatan pula dari luar. Jika saat ini Anda tengah mencegah atau mengobatinya dengan sabut, alkohol, lotion atau parfum, sebaiknya dihentikan.

Lalu, bagaimana? Sebenarnya yang Anda butuhkan adalah air bersih saja. Percaya atau tidak, laman tersebut menyatakan bahwa ASI yang Anda hasilkan adalah pencegah menganginkannnya agar kering.

Sayangnya lagi, Bunda, jika hal tersebut juga gagal, Anda bisa mengonsumsi obat pembunuh rasa sakit ± 30 menit sebelum menyusui. Namun, cara yang paling jitu sebenarnya adalah bertahan karena nyeri tersebut tidak akan berangsur laman, kok.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading