Sukses

Parenting

Secara Medis, Hamil Menyusui Tak Bisa Terjadi

Sebagian ibu telah memilih untuk fokus pada menyusui sehingga enggan hamil lagi. Namun, sebagian menginginkan jarak yang cukup dekat antara anak yang satu dengan yang lain, sehingga berusaha untuk hamil lagi meski masih dalam masa menyusui, sehingga mereka akan memasuki masa hamil menyusui.

Namun Moms, pernahkah Anda mencobanya pula? Dapatkah Anda hamil dalam masa menyusui atau ketika bayi Anda masih berusia kurang dari 6 bulan? Jika belum, penting bagi Anda untuk mengetahui informasi berikut ini.

Moms, laman naturalfertilityandwellness.com telah membahas bahwa seorang ibu yang menyusui secara medis dijelaskan bahwa ia tidak bisa hamil; atau disimpulkan bahwa menyusui adalah pencegah kehamilan yang efektif. Mengapa demikian?

Dijelaskan pula pada laman tersebut bahwa ibu yang menyusui secara eksklusif sangat sulit untuk hamil sebab saat menyusui hormon yang mengontrol adalah prolactin; hormon penghasil ASI. Untuk itu, ketika menyusui hormon prolactin akan cukup besar produksinya di tubuh ibu.

Yang perlu diketahui pula adalah kehadiran prolactin akan mengganggu produksi hormon estrogen dan progesteron yang sebenarnya hormon yang dibutuhkan untuk seorang wanita untuk hamil. Kesimpulannya Bunda, ketika Anda sedang menyusui, tubuh Anda tidak akan siap untuk hamil.

Prolactin akan menahan kinerja estrogen sehingga akan sulit bagi tubuh untuk berovulasi atau dibuahi. Nah, jika tidak dibuahi, maka tidak mungkin bisa untuk hamil. Selain itu, ketika prolactin diproduksi, jumlah progesterone yang ada di tubuh tidak mencukupi untuk membentuk embrio.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading