Sukses

Parenting

Rasa Sakit di Puting saat Bayi Menyusui (III)

Di artikel sebelumnya telah dibahas tiga tips agar Bunda tidak mengalami rasa sakit di bagian puting saat bayi menyusui. Berikut ini tips-tips selanjutnya, seperti dilansir dari laman askdrsears.com:

- Periksa bibir bayi

Apabila bibir bagian bawah bayi tidak keluar, bagian bawah puting payudara Bunda akan terasa sakit. Biasanya akan sulit bagi Bunda untuk memeriksa bagian bawah bibir bayi ketika dia sudah mengisap payudara Bunda.

Jadi, mintalah tolong pada orang lain untuk melihatnya. Bunda bisa menarik bagian bawah bibirnya perlahan-lahan apabila bibirnya tidak keluar.

- Periksa lidah bayi saat memberinya ASI

Jika Bunda menarik perlahan-lahan bagian bawah bibir bayi, Bunda bisa melihat lidah bayi yang dia julurkan di dekat areola Bunda. Posisi lidah yang benar adalah berada di bawah payudara Bunda, agar lidah membantu menarik ASI dan membantu menyalurkannya ke dalam mulut bayi agar bisa ditelan.

Lidah juga membantu agar bayi tidak mengisap payudara dengan kasar. Apabila Bunda tidak melihat lidah bayi di bawah payudara Bunda, berarti lidah tersebut tidak dia julurkan dan akan menyebabkan rasa sakit di bagian puting Bunda.

- Betulkan posisi lidah bayi

Cara yang bisa Bunda lakukan adalah dengan membuka mulut bayi lebih lebar saat akan mengisap payudara Bunda. Semakin lebar mulut bayi, akan semakin mudah bagi bayi untuk menjulurkan lidahnya. Caranya sama seperti yang sudah disinggung sebelumnya, yaitu dengan menekan pelan-pelan dagu si kecil.

Masih ada tips-tips yang lain Bun, simak di artikel selanjutnya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading