Sukses

Parenting

Rasa Sakit di Puting saat Bayi Menyusui (I)

Rasa sakit di bagian puting adalah masalah yang umum terjadi ketika bayi menyusui. Hal ini merupakan pertanda bahwa ada yang keliru dengan cara menyusui yang Bunda lakukan.

Seperti dilansir dari laman askdrsears.com, saat bayi mengisap puting dan menarik payudara Bunda waktu pertama kali, Bunda mungkin mengalami sensasi yang tidak nyaman. Namun, seiring berjalannya waktu, memberi ASI akan berjalan dengan lebih nyaman, baik bagi Bunda maupun bagi bayi.

Rasa sakit yang Bunda rasakan seharusnya hilang setelah memberi ASI pada bayi selama 2 sampai 4 hari, apabila posisi Bunda dan bayi benar dan bayi menangkap puting Bunda dengan benar.

Apabila selama satu minggu rasa sakit tersebut tidak hilang, berarti ada yang keliru dengan cara bayi menangkap dan mengisap puting Bunda. Apabila hal ini dibiarkan, rasa sakit di puting dapat berdampak buruk lho bagi Bunda. Misalnya adalah keretakan di bagian puting dan infeksi kandida.

Bunda bisa mencegah hal-hal tersebut dengan cara mengajari bayi cara menangkap dan mengisap puting yang benar. Hal utama yang Bunda perlu perhatikan adalah bagaimana posisi tubuhnya.

Posisi yang benar adalah mulut bayi mengisap sampai ke bagian areola Bunda, tidak hanya di ujung puting saja. Dengan mengisap di bagian areola, bayi tidak akan menggigit puting Bunda dan bayi akan mendapat asupan ASI yang lebih banyak.

Masih ada tips-tips lain untuk mencegah rasa sakit di puting ketika memberi ASI pada bayi. Simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading