Sukses

Parenting

Perlindungan yang Diberikan ASI Apabila Bayi Menyusui (III)

Di ulasan sebelumnya telah dibahas penyakit yang dapat dicegah apabila bayi menyusui, yaitu infeksi telinga. Kali ini, akan diulas tentang dua penyakit lain yang dapat dicegah yaitu gangguan perut dan sering muntah-muntah.

- Gangguan perut

Seperti dilansir dari laman askdrsears.com, ASI sangat berguna untuk mencegah diare dan gangguan perut lainnya. Diare adalah penyebab kematian yang sangat tinggi pada balita, dan pemberian ASI adalah cara yang mudah, murah, dan efektif untuk mencegah terjadinya diare yang berulang-ulang pada bayi.

ASI melindungi perut bayi dengan cara mengembangkan bakteri-bakteri baik di dalam usus bayi. Bakteri-bakteri tersebut berkembang berkat kandungan laktosa yang ada di dalam ASI.

Pencernaan bayi akan menjadi sangat lancar apabila terdapat bakteri baik di dalam usus bayi. Bakteri baik tersebut dikenal dengan nama bifidus bacteria.

Bakteri ini membalas budi bayi yang memberikannya tempat tinggal dengan cara membuat vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi bayi. Selain itu, bakteri baik tersebut juga menjaga usus agar terlindungi dari bakteri-bakteri jahat.

- Sering muntah-muntah

Bayi yang sering muntah-muntah disebabkan oleh kondisi bernama gastroesophageal reflux (GER). GER adalah kondisi di mana otot melingkar yang menghubungkan esophagus dan perut tidak bekerja dengan baik dalam mentransfer makanan dan minuman yang dikonsumsi bayi.

Akibatnya, makanan atau minuman yang dikonsumsi bayi terangkat kembali ke kerongkongan dan menyebabkan bayi muntah-muntah. Dengan memberi ASI pada bayi, bayi akan lebih jarang mengalami GER karena ASI lebih mudah dicerna oleh perut, sehingga tidak ada kesempatan bagi ASI untuk terangkat kembali ke kerongkongan.

Masih ada penyakit-penyakit lain yang dapat dicegah. Simak di artikel selanjutnya ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading