Sukses

Parenting

Perlindungan yang Diberikan ASI Apabila Bayi Menyusui (II)

Di artikel sebelumnya telah dijelaskan perlindungan yang diberikan ASI apabila bayi menyusui, yaitu perlindungan dalam bentuk sel darah putih dan immunoglobulin A. Kali ini, akan dijelaskan penyakit-penyakit yang dapat dicegah apabila bayi diberi ASI, seperti dilansir dari laman askdrsears.com:

- Infeksi telinga

Infeksi telinga adalah penyakit yang sangat mengganggu kenyamanan bayi, dan biasanya akan menyebabkan penyakit-penyakit lain seperti pilek dan hidung tersumbat. Telinga bagian dalam terisi dengan sebuah cairan, lalu cairan tersebut terinfeksi dan dapat menyebabkan rasa sakit pada telinga bayi.

Infeksi telinga yang terjadi berkali-kali atau infeksi telinga yang dibiarkan saja dapat menyebabkan ketulian. Tentu saja Bunda tidak ingin hal ini terjadi pada bayi Bunda, karena akan menjadi sangat sulit baginya untuk berkomunikasi di kemudian hari.

Dengan memberi ASI pada bayi, bayi akan terlindungi dari infeksi telinga dengan empat cara berikut:

- unsur di dalam ASI yang bertugas melawan bakteri akan mencegah bakteri menginfeksi telinga bayi;
- karena pemberian ASI biasanya dilakukan dengan posisi bayi sedikit tegak, akan kecil kemungkinannya ASI masuk ke telinga bayi melalui tuba eustachius. Apabila hal ini terjadi, ASI cenderung tidak mengakibatkan infeksi yang fatal pada bayi;
- bayi yang diberi ASI akan lebih jarang mengalami demam jika dibandingkan bayi yang diberi susu formula. Lebih jarang demam berarti lebih jarang untuk mengalami infeksi telinga; dan
- bayi yang diberi ASI akan lebih jarang mengeluarkan cairan di telinga bagian dalamnya, karena bayi memiliki alergi yang lebih sedikit. Telinga bagian dalam mengeluarkan cairan adalah salah satu reaksi alergi.

Masih ada penyakit-penyakit lain yang dapat dicegah apabila bayi diberi ASI. Simak di artikel selanjutnya ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading