Sukses

Parenting

Manfaat yang Dirasakan Bayi Apabila Bayi Menyusui (II)

Di artikel sebelumnya telah diulas manfaat yang dirasakan bayi apabila bayi menyusui, yaitu bisa mendapatkan berbagai nutrisi yang ada di dalam ASI. Berikut ini manfaat-manfaat yang lain seperti dilansir dari laman whattoexpect.com:

- Perlindungan dari infeksi

Bayi yang diberi ASI lebih jarang terkena infeksi telinga, infeksi di saluran pernafasan, infeksi di saluran kemih, dan infeksi-infeksi lainnya yang umum terjadi pada bayi. Hal ini disebabkan saat memberi ASI pada bayi, Bunda akan mentransfer antibodi pada bayi, sehingga sistem imun bayi menjadi lebih kuat.

Kolostrum adalah air susu ekslusif yang Bunda keluarkan sebelum ASI sesungguhnya muncul. Susu yang kaya protein dan juga rendah lemah ini mengandung banyak sekali antibodi dan faktor-faktor lain yang meningkatkan sistem imun bayi Bunda.

Selain itu, Bunda tidak perlu khawatir akan bakteri saat memberi ASI. ASI terjamin kesterilannya, tidak perlu direbus terlebih dahulu.

- Bayi terbebas dari timbunan lemak

Bayi yang gemuk mungkin lucu, tapi gemuk yang berlebihan bukanlah pertanda baik mengenai pertumbuhan bayi. Dengan memberi ASI, risiko bayi menjadi terlalu gemuk sangatlah kecil.

Meskipun berat badannya kalah jika dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula, kenaikan berat badan bayi lebih stabil dan juga lebih ideal. Bunda juga tidak akan terlalu lelah saat menggendong bayi.

Studi mengatakan bahwa bayi yang berat badannya berlebihan akan cenderung mengalami obesitas ketika besar nanti.

Masih ada tiga manfaat lagi Bun, simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading