Sukses

Parenting

Bagaimana Menghitung Berat Badan Sang Buah Hati Dengan USG 3D?

Ladies, mungkin cukup sulit untuk menghitung berat badan sang buah hati tanpa alat bantu. Dengan kecanggihan teknologi USG 3D ini, Ladies bisa melihat sang dokter mengukur berat badan buah hati Ladies. Gimana ya caranya?

Ulasan kali ini, akan membahas bagaimana dokter Ladies menghitung berat badan sang buah hati yang ada di dalam kandungan. Mungkin menghitung berat badan bayi yang sudah lahir jauh lebih mudah dibandingkan jika harus menghitung saat bayi di dalam kandungan.

Namun, apakah sesulit yang Ladies bayangkan ya? Simak saja ulasan berikut ini ya Ladies.

Seperti yang dilansir dari laman livestrong.com,cara pertama untuk mengukur berat badan sang buah hati adalah pertama mengukur kepala si kecil, ini disebut biparietal diameter. Biasanya perkembangan kepala bayi berkisar antara 2,4 cm di awal kehamilan hingga 9,5 cm saat kelahiran.

Yang kedua adalah dengan menghitung tulang paha sang buah hati. Ini biasanya berkisar antara 1,5cm hingga 7,8 cm. tulang paha dijadikan sebagai ukuran karena tulang paha merupakan tulang paling panjang dan ini dijadikan sebagai indikator pertumbuhan.

Selanjutnya mengukur lingkar perut bayi Ladies. Ladies, jika lingkar perut sang buah hati terlalu kecil, ini menandakan bahwa sang buah hati tidak berkembang dengan baik.

Yang terakhir adalah dengan mengkalkulasi hasil yang didapat dari pengukuran ketiga aspek tersebut. Ladies, menghitung berat badan sang buah hati ini bisa dilakukan di usia kehamilan kapanpun.

Dan hanya dokter Ladies yang bisa melakukannya. Jika Ladies ingin mengetahuinya secara detail, diskusikan dengan dokter Ladies ya.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading