Sukses

Parenting

Perawatan Operasi Caesar dan Luka pada Payudara

Mendengar orang-orang membicarakan tentang luka pada payudara, yang terlintas pertama kali dalam pikiran anda adalah luka yang disebabkan oleh saat-saat pertama anda menyusui. Hal tersebut memang merupakan salah satu penyebab adanya luka pada payudara ini, tetapi masih ada beberapa penyebab lainnnya. Salah satunya adalah operasi Caesar. Rasa sakit yang anda rasakan ini bahkan bisa mengganggu perawatan operasi Caesar anda jika tidak segera ditindaklanjuti.

Diutarakan dalam mayoclinic.com, rasa sakit pada payudara anda setelah operasi Caesar ini muncul karena payudara anda akan terasa keras dan membengkak tetapi sekaligus juga lunak. Hal ini memang wajar terjadi tetapi tidak memungkiri kenyataan bahwa keadaan payudara yang seperti ini membuat para ibu yang baru saja melahirkan bayinya merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan ini, jika tidak segera dicari solusinya, akan dapat membuat perawatan operasi Caesar anda, secara langsung maupun tidak langsung terganggu.

Untung saja terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk dapat meredakan ketidaknyamanan akibat rasa sakit pada payudara ini. Beberapa cara yang dimaksud tersebut adalah dengan menyusui buah hati kesayangan anda yang baru saja lahir itu, menggunakan pompa ASI untuk mendukung keluarnya ASI anda dan bisa juga anda sesekali meletakkan lap dingin ke payudara anda.

Jika hal-hal tersebut tidak cukup untuk meredakan ketidaknyamanan anda, terdapat satu cara lagi yang bisa anda lakukan. Cara tersebut adalah dengan mengkonsumsi obat pereda rasa sakit yang tentu saja sudah disetujui oleh dokter anda.

Oleh : Meilia Hardianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading