Sukses

Parenting

Pemberian Kolostrum Lewat Botol

Tahukah anda apa itu kolostrum? Wanita yang sudah pernah memiliki momongan pasti tahu apa itu kolostrum, sementara wanita yang sedang merencanakan kehamilan, perlu memahami apa itu kolostrum. Pemberian kolostrum pada bayi yang baru lahir sangat penting untuk membantunya menyesuaikan diri dengan dunia di luar rahim.

Tubuh anda mulai memproduksi kolostrum ketika kehamilan anda memasuki minggu ke-16. Karena belum bisa diberikan atau disusukan, kolostrum akan memenuhi payudara anda yang menyebabkan payudara menjadi terasa sensitif atau tidak nyaman.

Mulai pada trimester ketiga, terutama ketika kehamilan anda sudah mendekati waktu persalinan, kolostrum sudah bisa dikeluarkan kok, Moms. Seperti halnya air susu yang disimpan terlebih dahulu sebelum diberikan lewat botol, kolostrum juga bisa anda pompa keluar untuk nanti diberikan ketika buah hati anda lahir.

Cara penyimpanan kolostrum untuk waktu yang cukup lama bisa dilakukan seperti halnya menyimpan air susu dalam suhu dingin. Kolostrum yang diberikan lewat botol tidak akan kehilangan nutrisi dan manfaat-manfaat lain yang terkandung di dalamnya kok. Anda tidak perlu takut kolostrum kehilangan khasiatnya apabila disimpan dalam botol

Selain itu, menurut thenewbabyborn.com, menyimpan kolostrum selama kehamilan untuk diberikan pada buah hati paska persalinan sangat berguna karena bisa dengan mudah anda berikan paska operasi di saat anda belum mampun untuk melakukan proses menyusui secara langsung.

Oleh : Mamor Adi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading