Sukses

Parenting

Payudara, Produksi, dan Pemberian Kolostrum

Memberikan air susu ibu pada buah hati anda tentunya adalah salah satu hal yang anda sudah persiapkan selama masa kehamilan. Faktanya, tubuh anda bahkan sudah mulai bersiap-siap untuk menyambut lahirnya buah hati anda. Payudara anda di masa kehamilan akan mulai mempersiapkan produksi untuk pemberian kolostrum pada buah hati anda nanti

Menurut thenewbornbaby.com, memasuki minggu keenam-belas kehamilan, anda akan mulai merasakan rasa tidak nyaman dan berat pada payudara anda. Ini adalah tanda bahwa payudara anda mulai terisi dengan kolostrum atau air susu pertama.

kolostrum yang kaya akan beta-karoten ini memiliki banyak perbedaan dari air susu ibu biasa, namun, yang paling mencolok adalah warna emas kolostrum dan juga teksturnya yang lebih kental.

Seiring dengan masa kehamilan, payudara anda akan semakin tidak nyaman akibat penuh dengan kolostrum. Tidak hanya tidak nyaman dan sensitif, payudara anda akan bengkak dan berat juga lho, Moms.

Untuk meringankan gejala ini, anda bisa memompa air susu tersebut keluar dan menyimpannya dalam botol untuk nantinya diberikan pada buah hati anda paska persalinan ketika anda masih belum mampu untuk menyusui langsung

Karena produksi kolostrum terjadi pada waktu kehamilan dan 1-2 minggu paska persalinan, mengumpulkan kolostrum dan menyimpannya menjadi sebuah langkah yang tepat untuk dilakukan ketika anda tidak bisa memberikannya pada buah hati anda.

Oleh : Mamor Adi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading