Sukses

Parenting

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Lewat Pemberian Kolostrum

Bayi yang baru lahir memiliki kebutuhan yang kompleks. Sistem pencernaannya masih belum bekerja dengan penuh, tubuhnya akan kehilangan berat badan dengan cepat, dan kekebalan tubuhnya juga belum sepenuhnya berfungsi. Satu-satunya cara agar buah hati anda berkembang paska persalinan adalah dengan memenuhi kebutuhannya atas nutrisi. Nutrisi paling lengkap bisa dia dapatkan lewat pemberian kolostrum, Moms.

Menurut Wikipedia.com, kolostrum kaya akan banyak nutrisi. Beberapa di antaranya adalah protein, vitamin A, sodium klorida, dan sejumlah karbohidrat, lemak, dan potassium. Kolostrum mampu memenuhi kebutuhan seorang bayi yang baru lahir dan membawanya kepada keadaan yang lebih aktif dan sehat dalam waktu singkat.

Kolostrum juga memiliki kandungan antibody dan enzim serta mengandung hormon yang menstimulasi proses pertumbuhan pada bayi yang akan membantunya beradaptasi terhadap keadaan di luar dari rahim paska persalinan

Periode mengkonsumsi kolostrum sendiri hanya 1 minggu saja. Kenapa? Karena setelah itu, kolostrum yang berwarna keemasan akan berganti dengan air susu ibu ‘dewasa’ yang lebih encer dan berwarna putih.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan kolostrum selagi tubuh anda memproduksinya, Moms. Kolostrum yang bisa dibilang adalah kompilasi sejumlah nutrisi dengan konsentrasi tinggi dan dalam jumlah kecil ini sangat penting untuk buah hati anda yang memerlukan nutrisi dalam jumlah besar namun dengan kapasitas perut yang kecil.

Oleh : Mamor Adi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading