Sukses

Parenting

Minggu Kedua Kehamilan, Yuk Simak Jadwal Ovulasi

Ladies belum juga dikaruniai momongan di tahun kelima pernikahan? Wah, jangan cemas dulu ya. Ada baiknya Ladies lebih memperhatikan jadwal ovulasi sesuai dengan kalender bulanan, yang umumnya terjadi di minggu kedua kehamilan. Yuk simak penjelasannya.

Melansir ulang dari similac.com, tubuh kita masih mempersiapkan kehamilan di minggu kedua kehamilan. Nah, rancu bukan? Berikut penjelasannya.

Jadi, di minggu kedua kehamilan ini, sebenarnya, belum ada si kecil di dalam perut. Namun, tubuh kita sudah mempersiapkan terjadinya ovulasi, dan selanjutnya, untuk pembuahan. Lalu kenapa sudah dihitung sebagai minggu kedua kehamilan, padahal, si kecil belum ada?

Jadi, pembuahan terjadi saat minggu kedua kehamilan, yang sebenarnya adalah minggu pertama setelah menstruasi. Jadi, ketika menstruasi pun tubuh kita sudah bersiap-siap untuk hamil.

Nah, itulah mengapa kita sudah dihitung di minggu kedua kehamilan, karena sel telur ini sudah masak dalam dua minggu. Kemudian, sel telur yang masak ini keluar dari ovarium.

Proses ini dinamakan ovulasi, yang biasanya terjadi di hari ke 11 sampai dengan 14 setelah menstruasi. Setelah ovulasi, barulah sel telur bergerak ke tuba fallopi, menunggu untuk dibuahi oleh sel sperma. Sel telur pada saat ini berukuran sangat kecil sekali, 1/200 inchi, yang pastinya sangat sulit dilihat dengan mata telanjang.

Nah, barulah kalau Ladies melakukan hubungan intim dengan suami di masa-masa ovulasi ini, maka kemungkinan besar Ladies akan hamil.

Ingin lebih cepat hamil? Yuk teliti lagi kalender bulanan kita, Ladies.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading