Sukses

Parenting

Jangan Memaksakan Diet Pasca Inisiasi Menyusui Dini

Pentingnya inisiasi menyusui dini di awal kelahiran memang mengharuskan para ibu untuk mempersiapkan prosesnya dengan baik, terutama produksi air susu ibu yang akan diberikan kepada bayi. Menjaga pola makan yang baik dan bahkan cenderung memperbanyak makan sangatlah diutamakan agar air susu mempunyai kualitas yang baik.

Namun, tidak sedikit para ibu yang sesaat setelah inisiasi menyusui dini dilakukan, ingin segera melakukan diet demi menjaga bentuk tubuh. Beberapa orang ada yang langsung kehilangan berat badan pasca melahirkan, namun sisanya perlu perjuangan untuk menurunkan berat badan. Bagi yang masih berjuang, tentunya harus memulai pola diet yang baik untuk dilakukan setelah melahirkan.

Nah, tahukah Anda bahwa Anda tidak disarankan untuk melakukan diet setelah melahirkan?

Dilansir dari babycenter.com, jangan pernah mencoba untuk menurunkan berat badan paling tidak sampai dengan dua bulan setelah melahirkan. Kalori yang berkurang di awal-awal bulan kelahiran dapat mengurangi energi dan produksi air susu.

Namun jangan khawatir, rencana terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengurangi berat badan secara perlahan. Jangan langsung membatasi pola makan Anda, namun lakukanlah dengan sedikit demi sedikit.

Jika berat badan Anda sudah melebihi batas normal atau bahkan mengalami obesitas, Anda mungkin dapat mengurangi berat badan lebih awal. Namun, pastikan Anda sudah berkonsultasi dan meminta saran dokter.

Yang lebih penting lagi, pastikan diet yang Anda lakukan tidak mengurangi jatah cairan di dalam tubuh Anda. Terkadang, dengan mengurangi mengonsumsi makanan tertentu, Anda dapat kekurangan air yang menyebabkan dehidrasi.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading