Sukses

Parenting

ASI Kolostrum dan Penyakit Kuning

Asi kolostrum berada dalam posisi paling tinggi dalam hirarki sumber nutrisi bayi, terutama buah hati anda yang baru dilahirkan. Menurut banyak ahli kesehatan, kolostrum sangat penting dalam memenuhi kebutuhan bayi yang baru lahir akan nutrisi dan bagaimana buah hati anda bertahan dari masa kritis paska persalinan. Faktanya, asi kolostrum juga berperan penting dalam mencegah kemungkinan buah hati anda terserang penyakit kuning lho, Moms.

Semasa dalam kandungan, nutrisi diperoleh oleh buah hati anda melalui tali pusar secara langsung. Sisa-sisa pencernaan tersebut biasanya akan tetap berada dalam pencernaan buah hati anda, menempel dalam usus dalam bentuk cairan yang lengket berwarna gelap yang diberi nama meconium.

Meconium ini mengandung banyak sekali bilirubin yang apabila dibiarkan berada dalam sistem pencernaan buah hati anda akan menyebabkan penyakit kuning yang sangat berbahaya.

Kolostrum memiliki peranan yang penting dalam mencegah penyakit kuning karena ketika air susu ibu pertama ini diminum, kolostrum akan menyapu bersih sisa-sisa pencernaan yang menempel pada usus atau meconium dan menghancurkan bilirubin yang tersisa dalam tubuh buah hati anda.

Maka dari itu, breastfeedingbasics.com sangat menyarankan untuk seorang ibu menyusui buah hatinya langsung paska persalinan untuk menghindari kemungkinan buah hatinya terserang penyakit kuning akibat penumpukan bilirubin dalam sistem pencernaannya. Wah, penting sekali yang menyusui itu, Moms

Oleh : Mamor Adi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading