Sukses

Parenting

Informasi Lengkap Tentang Imunisasi Polio (I).

Imunisasi polio adalah salah satu imunisasi wajib yang diberikan ketika anak masih kecil. Apabila Anda ingin tahu informasi lengkap tentang imunisasi polio, berikut ini ulasannya:

- Apa itu penyakit polio?


Seperti dilansir dari laman cdc.gov, polio atau poliomielitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus bernama poliovirus. Virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan pada bagian tubuh orang yang terinfeksi, misalnya tangan, kaki, atau keduanya. Kelumpuhan ini bisa terjadi hampir seumur hidup.

Meskipun dapat menyebabkan kelumpuhan, tidak semua orang yang terjangkit poliovirus ini menunjukkan gejala yang sama. Ada yang terinfeksi polio tapi tidak muncul gejala apa-apa dalam waktu yang cukup lama dan ada yang terinfeksi polio tapi hanya menunjukkan sedikit gejala kelumpuhan.

Kebanyakan orang yang terinfeksi polio awalnya tidak merasakan apa-apa. Ada yang mengalami gejala seperti flu tapi cukup jarang.

Penyakit polio ini adalah penyakit berbahaya, karena anak yang sudah sembuh dari penyakit polio waktu kecil bisa menunjukkan gejala polio lagi ketika umurnya sudah mencapai 30 sampai 40 tahun. Penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian lho Ladies, terutama bagi anak-anak, karena polio melumpuhkan otot yang berfungsi untuk membantu pernafasan anak.

- Apa vaksin yang dapat mencegahnya?

Vaksin yang dapat mencegah penyakit polio adalah IPV (inactivated polio vaccine). Vaksin ini diberikan dengan cara disuntik. Vaksin ini digunakan sejak tahun 2000-an.

Sebelumnya vaksin polio diberikan secara oral atau melalui mulut, tapi penggunaannya dihentikan karena vaksin yang diberikan secara oral justru bisa menyebabkan seseorang terjangkit polio.

Masih ada informasi yang lain Ladies, simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading