Sukses

Parenting

Seks Oral Juga Bisa Tularkan STD!

Sudahkah Anda mengenal istilah STD? STD adalah Sexually Transmitted Diseases atau penyakit-penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Ada banyak sekali jenisnya, namun yang memang sangat akrab di telinga masyarakan adalah HIV/AIDS.

Sebenarnya, jenis-jenis STD, menurut laman cwcare.com, meliputi herpes, Chlamydia, gonorrhea, kutil di area kelamin, chancroid, dan syphilis. Namun, yang menjadi fokus pembahasan kali ini adalah tentang penularan STD yang seringkali diabaikan oleh banyak pasangan yang sudah aktif berhubungan seksual.

Menurut laman yang sama, secara umum ada 3 cara berhubungan seksual yang dapat menularkan penyakit atau virus STD, yakni vaginal, anal, dan oral. Vaginal dan anal adalah yang paling sering dilakukan oleh pasangan dalam bercinta. Dua cara tersebut melibatkan proses penetrasi, atau sekedar saling menggosokkan organ kelamin, hingga melibatkan anus. Dan dua hal tersebut yang dikira dapat menularkan STD saja sebab adanya interaksi antara organ kelamin pria dan wanita.

Padahal Ladies, seks oral juga tidak kalah berbahayanya, loh. Saat melakukan oral, pasangan cenderung melibatkan mulutnya. Pasangan wanita mungkin akan memasukkan organ kelamin pria ke dalam mulutnya, atau pasangan pria akan menelusuri bagian area kewanitaan dan anus dengan lidah dan bibirnya. Hal tersebut sama sekali tidak mengurangi resiko penularan jika organ kelamin yang pasif menerima perlakuan seks oral memiliki virus atau bakteri.

Untuk itu Ladies, hal pertama yang harus Anda ingat sebelum bercinta adalah meyakini bahwa pasangan Anda benar-benar aman dari virus. Anda bisa mengetahuinya dengan melakukan tes kesehatan dengan dokter ahli.

 

Oleh: Kamilah

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading