Sukses

Parenting

Wanita Tidak Dapat Hamil Saat Sedang Menstruasi, Mitos atau Fakta?

Banyaknya mitos yang beredar mengenai masalah kesehatan reproduksi serta sistem reproduksi manusia itu sendiri pasti membuat Ladies sekalian bingung dibuatnya. Tidak terkecuali mitos yang menyatakan bahwa kaum hawa tidak akan hamil ketika berhubungan suami istri di saat sedang datang bulan.

Ladies, perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut hanyalah sebuah mitos belaka. Memang kemungkinan untuk Anda hamil ketika bercinta saat sedang menstruasi sangat kecil sekali. Namun, kemungkinan tersebut akan semakin bertambah besar terutama jika Anda tidak menggunakan kondom atau alat untuk KB lainnya.

Selain itu, seperti yang dilansir dari situs health.com, beberapa wanita memiliki periode menstruasi yang lama sehingga mereka dapat mengalami ovulasi ketika sedang menstruasi. Dengan kata lain, beberapa wanita dapat tetap hamil meskipun ia sedang bercinta di saat sedang menstruasi.

Misalnya saja Ladies memiliki siklus menstruasi yang cukup pendek, yakni selama 21 hari dan periode menstruasi Anda berlangsung selama satu minggu. Nah, apabila Ladies berhubungan suami istri di waktu yang berdekatan dengan akhir periode menstruasi Anda, Ladies tetap dapat hamil.

Mengapa? Sebab sperma dapat bertahan hidup selama 72 jam di dalam saluran reproduksi wanita. Jadi, apabila dua atau tiga hari kemudian terjadi ovulasi, maka sel sperma akan membuahi sel telur tersebut dan tentunya sudah dapat ditebak, Anda akan hamil.

 

Oleh: Lies Nureni

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading