Sukses

Parenting

Menunda Kehamilan dengan Metode Kalender? Gimana ya Caranya?

Ladies, di jaman sekarang ini kehamilan sangat disarankan untuk direncanakan terlebih dahulu. Mengingat mahalnya biaya pendidikan, biaya makan, belum lagi biaya perawatan untuk bayi. Kalau tak direncanakan terlebih dahulu, kasihan kan jika si kecil tidak mendapatkan nutrisi dan pendidikan yang memadai?

Banyak cara untuk menunda kehamilan. Yang paling dipercaya adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi. Tapi bisa gak sih menunda kehamilan tanpa alat?

Menurut ppgo.org, bisa lho menunda kehamilan tanpa alat. Caranya adalah dengan metode kalender.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendata siklus mens 8 hingga 12 bulan terakhir. Tanggal berapa tiap siklus dimulai? dan ada berapa hari yang menjadi rentang waktu di antara satu siklus dengan siklus selanjutnya.

Contohnya adalah:

Hari pertama Tiap Siklus & Jumlah hari dalam siklus

  • tanggal 20 Januari total 29 hari  
  • tanggal 18 Februari total 29 hari
  • tanggal 18 Maret total 28 hari 
  • tanggal 16 April  total 29 hari
  • tanggal 12 Mei total 26 hari
  • tanggal 9 Juni total 28 hari
  • tanggal 9 Juli total 30 hari
  • tanggal 5 Agustus total  27 hari

Selanjutnya, tandai tanggal pada kalender Anda untuk tiap hari pertama dimulainya siklus mens. Untuk menemukan hari pertama memasuki masa subur, cari siklus mens terpendek di bulan-bulan sebelumnya. Lalu kurangi jumlah hari pada siklus terpendek tersebut dengan angka 18.

Untuk menemukan hari terakhir masa subur, cari dan temukan siklus terpanjang pada bulan-bulan sebelumnya. Setelah itu kurangi jumlah hari pada siklus terpanjang tersebut dengan angka 11.

Jika menggunakan contoh di atas, maka hasil yang di dapat adalah angka 8 dan 19. Jika Ladies sedang berada pada siklus mens di tanggal 2 September maka hari subur Anda adalah 9 September dan 20 September.

Seberapa efektifkah metode ini? Dari situs ya

 

Oleh: Sahirul Taufiqurrahman

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading