Sukses

Parenting

Jenis Penyakit Kanker Hati: Hepatoblastoma

Ada salah satu jenis penyakit kanker hati yang lebih sering ditemukan pada anak-anak usia dibawah 3 tahun. Kanker tersebut adalah hepatoblastoma yang meskipun lebih sering ditemukan pada anak-anak, kanker ini termasuk kanker yang langka diantara jenis tumor lain yang juga menyerang anak-anak.

Situs emedicine.medscape.com menyebutkan bahwa perawatan yang diberikan berkenaan dengan kanker ini memiliki tingkat kesuksesan sebesar 83 persen. Namun dari hasil studi yang dilakukan kepada 62 pasien, 50 persen diantaranya kehilangan pendengaran, sementara 71 persen diantaranya mengalami demam dan penurunan sel darah putih.

Seperti penyakit kanker hati lainnyam hepatoblastoma tidak memiliki gejala yang signifikan di awal stadium munculnya kanker. Namun pasien terkadang juga memiliki tanda-tanda seperti hemihypertrophy, yaitu kelainan dimana salah sati sisi pada tubuh lebih besar dari sisi lainnya, mr.P dan testikel yang membesar tanpa adanya rambut di area tersebut, anorexia, anemia akut, serta beberapa tanda lainnya.

Ada 6 stadium yang menjelaskan kondisi kanker ini, di antaranya stadum 1, 2A, 2B, 2C, 3 dan 4. Pada stadium 4 kanker sudah menyebar hingga ke tulang dan paru-paru. Perawatan yang diberikan kepada pasien biasanya berupa kemoterapi, radioterapi, atau operasi.

Karena jenis kanker ini memang jarang, anak-anak dengan hepatoblastoma harus dirawat di rumah sakit dengan ahli bedah dan tim transplantasi hati yang familiar dengan diagnosis kanker jenis ini. Untuk hasil yang optimal, kerjasama dengan oncologist, pathologist dan radiologist perlu dilakukan.

Oleh: Teylita

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading