Sukses

Parenting

Tanda Awal Kehamilan: Ada Apa dengan Tubuh Saya?

Bunda mungkin agak sedikit kaget dengan hal-hal yang terjadi tidak seperti biasanya pada bagian tubuh dalam maupun luar yang terjadi di awal kehamilan. Ya, bisa jadi inilah beberapa tanda awal kehamilan.

Dilansir dari parenting.com, studi di salah satu institut di Durham, Carolina Utara pada tahun 2002 menyatakan bahwa hampir sebagian dari wanita hamil mengalami gejala-gejala tertentu seminggu setelah kehamilannya, dan 90% dari mereka sebulan setelahnya.

Ini nih bunda, hal yang mungkin berubah yang terjadi pada tubuh Bunda:

• Nyeri di payudara
Seminggu setelah kehamilan, jumlah estrogen dan progesterone meningkat sehingga menyebabkan payudara sensitif dan nyeri. Area di sekitar payudara juga semakin membesar dan semakin gelap dikarenakan peningkatan produksi pigmen kulit dan melanin.

• Meningkatnya produktivitas urin
Semakin berkembangnya embrio, maka tekanan pada kandung kemih semakin besar. Inilah yang menyebabkan Bunda sering keluar masuk kamar mandi.

• Lebih cepat lelah
Progesteron yang memperlambat kerja metabolisme tubuh membuat Bunda cepat merasa lelah. Ini juga disebabkan karena tubuh bekerja keras bagi perkembangan janin.

• Perut yang bergejolak
Jika Bunda sudah terbiasa dengan “morning sickness”, maka Bunda akan mengerti bahwa hal tersebut merupakan efek dari kehamilan Bunda. Hormon hCG yang ada di dalam tubuh meningkat yang membuat Bunda merasa tidak enak di bagian perut. Faktor lain yang juga menjadi penyebab adalah tidak seimbangnya kadar gula darah.

• Sering mengeluarkan gas
Biasanya, ibu hamil bersendawa ataupun mengeluarkan gas lainnya lebih sering dari biasanya. Tenang saja Bunda, karena ini adalah hasil kerja progesteron yang menyebabkan mengendurnya otot-otot termasuk saluran pencernaan. Hal ini menyebabkan makanan akan dicerna lebih lambat sehingga produksi gas meningkat.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading