Sukses

Parenting

Ini Dia Pendidikan Seksual Untuk Si Adik!

Pendidikan seksual bisa disebut sebagai kebutuhan mendasar yang dibutuhkan seorang anak, tidak terkecuali bagi si kecil. Akan tetapi, banyak orang tua yang masih menganggap pendidikan seksual sebagai hal yang masih tabu untuk menjadi bahan pembicaraan antara orang tua dengan anak.

Padahal, pendidikan seksual sangat dibutuhkan oleh mereka untuk memperoleh pengetahuan yang cukup tentang seksualitas sesuai dengan level usia dan perkembangan pemikiran mereka. Berikut ini beberapa cara bagaimana Bunda menyampaikan pendidikan seksual kepada si kecil sebagaimana dilansir wikihow.com.

1. Percayalah jika Anda terlambat memberikan pendidikan seksual sejak dini, mereka akan mencari tahu sendiri, tentunya pengetahuan yang melebihi level usia dan perkembangan pemikirannya.

2. Sampaikan pendidikan seksual ini lebih dari satu kali. Dengan kata lain, sampaikan secara bertahap kepada si kecil.

3. Ajari si kecil nama-nama bagian tubuh mereka, termasuk bagian tubuh yang menjadi privasi mereka.

4. Bicarakan juga tentang tahapan di mana si kecil menaruh perhatian lebih terhadap teman sebayanya, layaknya anak kecil yang tertarik dengan teman bermainnya.

5. Jadilah pendengar yang baik ketika si kecil mulai tertarik dengan lawan jenisnya.

6. Jawablah dengan jujur apapun yang mereka tanyakan terkait pendidikan seksual. Jangan pernah menyembunyikan fakta atau berbohong kepadanya.

7. Mintalah pendapat mereka tentang apa pun yang telah Anda sampaikan. Berikan pula ruang atau kesempatan bagi mereka untuk bertanya kepada Anda apapun yang ingin mereka tanyakan.

Selamat mencoba, Bunda. Berikan kepada buah hati apa yang sesuai dan seharusnya dia dapatkan, ya.

 

Oleh: Rya

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading