Sukses

Parenting

Berbicara Tentang Seks Pada Anak Usia 6-12 Tahun

Banyak kesulitan yang dihadapi ibu dan ayah saat anak kita yang masih relatif kecil menanyakan tentang hal-hal yang berhubungan dengan anggota tubuhnya atau yang berhubungan dengan seks. Merupakan hal yang sangat wajar ketika anak bertanya tentang hal-hal yang sedikit sulit untuk orang tua untuk menjawabnya, hal ini karena mereka sedang dalam masa eksplorasi terhadap tubuhnya dan orang –orang di sekitarnya.

Hal yang harus diperhatikan dalam mengajarkan bagian tubuh pada anak adalah jangan berikan nama –nama yang tidak benar atau istilah- istilah dari anda sendiri. Yang paling penting, jangan memperlihatkan perubahan sikap ketika anak bertanya tentang bagian tubuhnya atau anak akan merasa bahwa menanyakan hal yang berhubungan dengan seks adalah hal yang memalukan dan anak tidak akan menanyakan hal itu lagi. Akan sangat tidak baik jika anak berusaha mencari informasi sendiri dari sumber yang tidak benar.

Anak perempuan rata- rata akan mengalami menstruasi mulai umur 10. Sebelum anak mulai pada masa pubertasnya, ajarkan anak tentang menstruasi secara fisik dan bahwa dia sudah mulai beranjak dewasa.

Dilansir dari laman schooldays.ie, memulai percakapan yang nyaman dan santai seperti memberinya pertanyaan tentang adakah teman sekolahnya yang juga sudah mengalami menstruasi atau bilang saja pada putri anda bahwa saat anda seumur dia, anda belum tahu apa – apa tentang menstruasi akan berguna untuk membantu anak anda menghadapi periode pubertasnya.

Pada anak lelaki, sejak bayi mereka sudah bisa ereksi, jelaskan pada anak bahwa hal itu adalah suatu respon alami dari tubuh dan tidak ada yang harus membuat dia merasa malu akan hal itu.

 

Oleh: Lia

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading