Sukses

Parenting

Atypical Hyperplasia - Penyakit Pada puting Payudara Menyusui

Atypical Hyperplasia. Satu lagi penyakit pada puting payudara menyusui seorang wanita yang patut untuk dibahas. Pasti Bunda disana juga lagi berkata “bener banget” dalam hatinya. Yuk dimulai ulasannya.

Atypical hyperplasia adalah keadaan dimana sel-sel dalam payudara mengalami pertumbuhan yang tidak wajar dan mengembangkan pola yang tidak biasa seperti normalnya terjadi pada payudara wanita seperti yang dilangsir dari laman breastcancercare.org.uk. Umumnya hal ini terjadi pada lobulus (tempat produksi ASI) dan duktus (saluran ASI ke puting).

Atypical hyperplasia juga tergolong dalam penyakit yang memiliki sifat jinak seperti pada penyakit-penyakit tumor pada puting payudara yang telah dibahas sebelumnya. Namun, hal yang membedakannya adalah bahwasannya penyakit ini meningkatkan resiko terkena kanker pada penderita yang terjangkit di masa depan.

Dalam artian, jika Bunda memiliki resiko terkena kanker 20% pada masa sekarang, maka dengan riwayat medis pernah menderita atypical hyperplasia, resiko terkena kanker Bunda akan meningkat menjadi dua kali lipat atau lebih diantara 40-50%. Angka yang cukup besar dan signifikan bukan?

Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi kecil untuk membuang jaringan-jaringan yang pertumbuhannya tidak wajar pada payudara Bunda. Setelah proses operasi selesai pun Bunda masih dituntut untuk rajin memeriksakan diri.

Hal ini bertujuan untuk melihat apakah jaringan-jaringan tersebut masih tumbuh dengan tidak wajar atau sudah kembali dalam keadaan normal.


Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading