Sukses

Parenting

Raynaud – Penyakit Pada Puting Payudara Menyusui

Penyakit pada puting payudara menyusui yang satu ini mungkin juga terdengar Asing di telinga Bunda. Tapi jangan khawatir, dengan membaca artikel berikut maka bunda akan segera mengetahuinya.

Seperti yang dilangsir dari laman medicalnewstoday.com, penyakit Raynaud, juga dikenal sebagai fenomena Raynaud dan kadang-kadang hanya Raynaud saja, adalah suatu kondisi yang menyebabkan beberapa area tubuh merasa mati rasa dan dingin dalam menghadapi suhu dingin dan stress.

Penyebabnya sendiri terkait dengan masalah suplai darah ke kulit yang tidak stabil atau kurang. Penyakit Raynaud dikategorikan ke dalam gangguan vasospastik, yaitu proses penyempitan pada pembuluh darah akibat tegang. Dari sinilah asal suplai darah ke kuliat menjadi terganggu.

Untuk gejalanya sendiri, biasanya penderita akan mengalami perubahan pada warna puting payudara menjadi putih ketika berada pada suhu dingin atau ketika merasa kedinginan. Efek seperti terbakar pada puting juga menjadi salah satu gejala yang muncul.

Nah, bagi Bunda yang merasa terjangkit penyakit ini, sebaiknya memilih ruangan yang memiliki suhu kamar atau suhu normal pada saat menyusui. Lebih baik lagi jika suhu ruangan tersebut adalah hangat. Pemilihan pakaian juga dirasa sangat penting.

Gunakanlah baju tebal dan hangat ketika menyusui. Biasanya baju dengan bahan polar atau rajutan memenuhi fungsi tersebut. Dan untuk sementara hindari mandi air dingin ya. Gunakanlah air hangat sebagai gantinya.


Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading