Sukses

Parenting

Phyllodes - Tumor Pada puting Payudara Menyusui

Bagi seorang Bunda yang sedang menyusui, rasanya sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis tumor pada puting payudara menyusui. Hal ini tentu terkait dengan kesehatan sang buah hati juga kan? Jika puting payudara yang notabene organ penting untuk proses keluarnya ASI pada Bunda sehat, maka bisa dipastikan sang buah hati akan juga sehat.

Karenanya, yuk disimak ulasan tentang tumor yang satu ini.

Tumor yang satu ini disebut Phyllodes. Nama phyllodes sendiri diambil dari bahasa yunani, yaitu phullon yang berarti daun karena pertumbuhan dari tumor ini nyaris seperti pertumbuhan pada daun.

Phyllodes merupakan sebuah tumor dengan ciri benjolan keras pada jaringan stroma di payudara. Tumor ini diperkirakan berkembang secara alami seiring dengan usia payudara Bunda sendiri seperti yang dilansir oleh laman breastcancercare.org.uk.

Tumor phyllodes tergolong dalam tumor yang jinak atau harmless, namun Bunda tidak boleh lengah dan menganggapnya remeh karena tumor ini sendiri dapat berubah ganas sewaktu-waktu. Sifat ganasnya sendiri adalah hasil dari pertumbuhannya yang bisa sangat cepat dan besar sesuai dengan kondisi masing-masing penderita dan menyebabkan kulit di sekitar puting dan payudara meradang.

Tumor ini termasuk jenis sarcoma karena lebih sering muncul pada jaringan konektif (stroma) dibandingkan pada jaringan epithelial (saluran dan kantong pada payudara).

Jika Bunda masih berumur dibawah 40 tahun, Bunda boleh bernafas lega karena tumor ini paling sering menyerang mereka yang berumur 40-50 tahun. Namun, akan lebih baik untuk selalu waspada akan kemunculannya.


Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading