Sukses

Parenting

Mastitis Periductal - Penyakit Pada puting Payudara Menyusui

Penyakit pada puting payudara menyusui yang satu ini meskipun sifatnya jinak (bukan kanker), namun efek yang disebabkan bisa sangat mengganggu aktivitas menyusui Bunda. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang penyakit ini.

Mastitis periductal terjadi ketika saluran yang membawa ASI ke puting meradang dan terinfeksi. Penyakit ini biasanya menyerang seluruh wanita dengan jenis usia, tetapi lebih sering pada wanita yang masih muda, antara umur 30 kebawah.

Gejalanya sendiri, seperti yang dilansir oleh laman breastcancercare.org.uk meliputi:

• Payudara terasa lunak dan panas saat disentuh.

• Kulit tampak memerah seperti memar.

• Keluarnya cairan dari puting, bisa berupa darah dan bukan darah.

• Infeksi di saluran sekitar puting.

Tidak seperti penyakit jinak lainnya yang cukup didiamkan dan dengan sendirinya dapat sembuh, pada penyakit yang satu ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan. Hal ini dikarenakan abses (kumpulan nanah) akan semakin banyak dan itu sangat tidak baik bagi kesehatan payudara dan kualitas ASI seperti yang Bunda tahu bahwasannya nanah mengandung banyak bakteri jahat.

Wanita yang merokok mungkin memiliki terjangkit penyakit ini lebih tinggi karena zat dalam asap rokok dapat merusak saluran duct (saluran ASI ke puting). Tentu hal ini sangat mengganggu sekali bagi Bunda, apalagi pada saat yang bersamaan sang buah hati masih berumur beberapa hari dan membutuhkan asupan ASI yang banyak.

Yuk, budayakan hidup sehat dan cegah penyakit ini dari hal kecil seperti tidak merokok.


Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading