Sukses

Parenting

Gejala Tumor Intraductal Papilloma Pada Puting Payudara Menyusui

Gejala tumor intraductal papilloma pada puting payudara menyusui seorang ibu dapat digeneralisasi, artinya, hampir semua dokter dengan spefikasi di bidang kesehatan wanita dapat menentukan gejalanya. Karenanya, sangat penting peran aktif Bunda untuk selalu memeriksakan kesehatan payudara selama menyusui.

Hal yang paling ditakutkan dari tumor intraductal papilloma ini sendiri adalah karena dapat menyebabkan pembesaran payudara, benjolan dan biasany sakit seperti yang dilansir oleh laman breast-cancer.ca. Nah, ini adalah sebuah tanda awal gejala yang disebabkan dari tumor ini. Jadi, jika Bunda merasakan benjolan kecil di sekitar area puting dan terasa sakit, maka segeralah pergi ke dokter untuk memastikannya.

Dan, jika ternyata dokter juga memiliki pendapat yang sama dengan Bunda terkait masalah ini, dengan cepat dokter akan merekomendasikan USG payudara. USG sendiri berfungsi untuk melihat ada tidaknya benjolan asing dan benar tidaknya itu adalah intraductal papilloma.

Tes-tes lain yang mungkin juga akan dilakukan oleh dokter untuk lebih memastikannya adalah dengan:

• Biopsi payudara untuk memeriksa jaringan sel-sel kanker

• Pemeriksaan mikroskopis payudara

• Ductogram, yaitu merupakan alat X-ray, menggunakan pewarna kontras yang akan disuntikkan ke payudara Bunda. Hal ini befungsi untuk membedakan antara organ alami dan organ Asing.

Yuk, kenali dan pahami gejalanya. Karena dengan begitu, Bunda baru saja turut serta aktfi menjaga kesehatan diri sendiri dan sang buah hati.


Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading