Sukses

Parenting

Kapan Susu Kolostrum Akan Keluar?

Jika Bunda baru melahirkan anak pertama yang artinya ini adalah mengalaman pertama Bunda, susu kolostrum atau biasa dikenal dengan susu pertama akan keluar setelah tiga hari Anda melahirkan. Namun, jika Anda pernah melahirkan sebelumnya, susu kolostrum mungkin akan keluar lebih cepat.

Beberapa hari sebelum Anda melahirkan, Anda mungkin akan merasa payudara Anda lebih kencang dari biasanya. Hal tersebut merupakan pertanda bahwa ASI akan keluar. Bahkan ada sebagian Bunda yang mendapati air susunya keluar di hari-hari menjelang persalinan.

Susu yang pertama kali keluar baik yang keluar beberapa hari sebelum melahirkan atau setelah melahirkan merupakan susu kolostrum yang kaya akan nutrisi. Biasanya susu kolostrum berwarna kekuningan dan agak pekat.

Susu tersebut hanya dapat diproduksi dalam jumlah yang relatif sedikit karena memang disesuaikan dengan kebutuhan bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir hanya mampu meminum sedikit susu, dan susu kolostrum merupakan makanan pertama yang tepat bagi tubuhnya.

Jika Anda memang sudah berencana untuk memberikan ASI pada sang buah hati, akan sangat baik jika Anda memberikan ASI pertama atau susu kolostrum sesegera mungkin. Konsultasikan maksud Anda ini kepada dokter yang menangani persalinan Anda agar Dokter dapat membantu Anda memberikan ASI pertama.

Jangan sampai lewatkan susu kolostrum atau ASI pertama ini karena jika terlewatkan, Bunda sama saja melewatkan nutrisi penting serta vitamin berharga untuk perkembangan sang buah hati.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading