Sukses

Parenting

Cegah Infeksi Pada Bayi dengan Susu Kolostrum

Susu kolostrum yang sering juga disebut “first milk” memang memiliki banyak manfaat yang sudah tidak diragukan lagi. Susu kolostrum disebut-sebut dapat meningkatkan perkembangan tubuh si kecil karena mengandung banyak sekali zat bermanfaat.

Susu kolostrum akan diproduksi saat hari-hari terakhir kehamilan atau saat hari melahirkan, biasanya berwarna kuning keemasan dan agak kental. Susu kolostrum ini mengandung banyak sekali protein, karbohidrat, dan juga mineral yang baik bagi kesehatan si kecil.

Namun, banyak Bunda yang masih salah kaprah dalam menyikapi susu kolustrum ini. Sebagian dari para Bunda tersebut malah sengaja membuang susu kolustrum karena dinilai kotor. Susu kolostrum memang tidak berwarna putih sejernih ASI, tetapi susu tersebut mengandung banyak manfaat.

Dilangsir dari laman breastfeeding-problems.com, susu kolostrum dapat meningkatkan sistem imun bayi karena mengandung immunoglobulin A yang dapat melindungi bayi dari infeksi tenggorokan dan usus. Karena kondisi bayi yang baru lahir masih rentan, memberikan susu kolostrum merupakan salah satu hal terbaik yang bisa Bunda lakukan.

Selain itu, susu kolostrum juga hanya diproduksi dalam jumlah yang kecil sehingga pas untuk perut bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir memiliki kapasitas yang masih sangat kecil, dengan memberikan susu kolostrum Bunda dapat mencegah si kecil dari kekenyangan.

Jadi Bunda jangan sampai salah mengambil keputusan yaaah. Membuang susu kolostrum sama juga membuang zat-zat bermanfaat yang sangat diperlukan oleh si kecil.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading