Sukses

Parenting

Alasan Mengapa Susu Kolostrum Tak Kunjung Keluar

Susu kolostrum yang biasa lebih di kenal dengan sebutan “first milk” atau susu pertama biasanya akan keluar setelah tiga hari pasca melahirkan. Namun, jika sampai emapt hari lebih susu kolostrum Bunda belum juga keluar, jangan langsung panik. Mungkin ada hal-hal yang menjadi alasannya.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa alasan yang berhasil dirangkum dari laman babycentre.co.uk perihal mengapa susu kolostrum atau susu pertama terlambat keluar.

Kemungkinan pertama adalah Bunda menjalani persalinan yang sedikit banyak telah membuat Bunda menjadi stres. Contohnya saja jika Bunda harus mengalami proses mendorong yang sangat lama, atau mungkin karena Bunda baru saja melewati operasi Caesar yang cukup berat.

Jika sudah seperti ini, kemungkinan Bunda harus menunggu selama lima hari agar susu kolostrum Bunda dapat keluar. Yang terpenting adalah Bunda harus menenangkan diri pasca melahirkan.

Jika Bunda memiliki riwayat diabetes, susu kolostrum Bunda mungkin saja akan terlambat keluar. Insulin sangat diperlukan untuk pembentukan air susu. Namun, karena Anda mengidap diabetes, tubuh Anda pun sangat memerlukan insulin. Kondisi tersebut akan menjadi penghambat pembentukan ASI.

Selain itu, jika placenta buah hati Anda masih tertinggal di dalam perut ketika melahirkan. Kemungkinan besar ASI akan menjadi sulit keluar, karena placenta akan mengganggu prolaktin yang merupakan hormon pembentuk ASI.

Bahkan parahnya, jika placenta sampai tertinggal di dalam rahim, Anda mungkin akan mengalami pendarahan. Untuk dapat mengatasinya Anda harus mendapatkan tindakan pengeluaran placenta sesegera mungkin.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading