Sukses

Parenting

Pasokan Kolostrum Untuk Ibu Menyusui Bayi

Apa yang diperlukan oleh seorang ibu untuk bisa menyusui bayinya? Untuk mereka yang pertama kali melahirkan, mengalami ketakutan semacam ini bukanlah hal yang aneh kok, Moms.

Namun, sebenarnya anda tidak perlu khawatir. Semenjak masa kehamilan, tubuh anda sudah mulai mempersiapkan untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh buah hati anda paska persalinan: Kolostrum

Kolostrum, meskipun diproduksi dalam jumlah kecil dan diberikan dalam jumlah yang kecil pula, mengandung nutrisi lengkap yang cukup untuk menjaga kelangsungan sistem tubuh buah hati anda paska persalinan kok, Moms.

Menurut babycenter.com, banyak ibu yang merasa khawatir bahwa jumlah kolostrum yang sedikit tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi buah hatinya. Akan tetapi, kolostrum yang merupakan air susu terkonsentrasi, sudah cukup untuk buah hati anda selepas proses persalinan.

Kolostrum atau air susu pertama memiliki kandungan nutrisi lengkap yang tidak perlu lagi anda ragukan lho, Moms. Kolostrum, pada awalnya, akan keluar sedikit demi sedikit ketika anda menyusui buah hati anda paska persalinan, menyesuaikan dengan kapasitas perut buah hati anda.

Seiring dengan tumbuhnya buah hati anda, pasokan kolostrum yang diproduksi juga akan meningkat. Pada minggu kedua paska persalinan, kolostrum akan digantikan dengan air susu transisi sebelum akhirnya nanti sepenuhnya digantikan dengan air susu dewasa yang jumlahnya lebih banyak karena kebutuhan buah hati anda juga semakin meningkat.

Oleh : Mamor Adi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading