Sukses

Parenting

Waspadai Penyakit Cacar Api pada Anak!

Bunda, nampaknya Anda harus waspada jika pada kulit si kecil muncul bintik kemerahan seperti disundut rokok, mungkin saja itu merupakan penyakit cacar api lho. Penyakit cacar api atau dalam bahasa medisnya lebih dikenal dengan impetigo memang belum sepopuler cacar air. Ada yang menyebut cacar air (impetigo) ini dengan cacar monyet.

Perlu Anda ketahui, bahwa penyakit cacar jenis ini disebabkan kuman atau bakteri dan datangnya bisa tiba-tiba. Faktor kebersihan diri sangat berperan dalam berjangkitnya cacar api. Cacar api sangat mudah menular dan berpindah dari satu bagian kulit ke bagian lain. Jika terjadi pada bayi baru lahir, infeksi ini dapat dengan mudah menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Penyakit ini dapat disertai demam dan menimbulkan infeksi serius.

Cacar api memiliki ciri khas, seperti dilangsir pada situs mayoclinic.org, yaitu kemerahan di kulit dan muncul gelembung-gelembung mirip kulit yang tersundut rokok. Mungkin ini sebabnya disebut cacar api. Gelembung di kulit ini berisi cairan putih kekuningan atau nanah dan mudah pecah. Selain mudah pecah, cacar api juga mudah menular.

Penularannya tidak seperti pada cacar air yang melalui saluran pernapasan. Bila si anak yang terkena cacar api menggaruk cacarnya dan kemudian menggaruk bagian tubuh lain yang sehat, dengan cepat bagian tubuh tersebut akan terinfeksi.

Maka dari itu, anak yang menderita cacar api dilarang menggaruk bagian badan yang terinfeksi. Bagian tubuh yang digaruk tadi akan mengalami luka. Kalau luka tidak diobati, akan membuat kulit terinfeksi dan membusuk. Segeralah periksakan ke dokter sebelum semakin parahnya ya, Bunda.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading