Sukses

Parenting

Pasca Operasi Caesar, Melahirkan Normal: Ketahui Resikonya!

Pertanyaan apakah pasca operasi Caesar, melahirkan normal bisa terlaksana terjawab sudah. Jika anda percaya bahwa hal tersebut adalah sebuah mission impossible, agaknya anda harus mulai mengubah kepercayaan anda tersebut.

Adalah VBAC atau Vaginal Birth After Cesarean, sebuah terobosan yang dapat mewujudkan impian anda untuk melahirkan normal setelah sebelumnya pernah bersalin secara Caesar. Ada sederet keuntungan dari VBAC yang membuat semakin banyak kaum hawa untuk melakukan VBAC: rasa sakit saat melahirkan tergolong agak ringan, masa recovery yang cepat, dan resiko infeksi yang rendah.

Dibalik keuntungan yang menggiurkan tersebut, ada resiko VBAC yang perlu diperhitungkan. Seperti dikutip dari laman webmd.com, resiko paling serius dari dilakukannya VBAC adalah bekas luka operasi Caesar anda yang akan terbuka ketika bersalin secara normal.

Namun, anda boleh sedikit berlega hati karena kasus tersebut sangat langka, ladies. But, when it happens, tidak hanya anda yang berada dalam bahaya, jiwa bayi anda juga cukup terancam.

Jika anda hanya memiliki satu bekas luka operasi Caesar dan persalinan anda tidak diawali dengan obat-obatan, resiko terbukanya bekas luka c-section terbilang cukup rendah.

Karena alasan resiko VBAC yang cukup serius inilah mengapa VBAC hanya dapat dilakukan di rumah sakit tertentu yang mampu melakukan c-section emergensi secara cepat.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading