Sukses

Parenting

Hati-Hati Imunisasi DPT Sebabkan Anak Sakit Demam

Bunda, apakah Anda pernah mendapati buah hati Anda sakit demam usai melakukan imunisasi atau vaksinasi? Sebagian besar anak yang usai melakukan imunisasi atau vaksinasi apapun pasti mengalami demam, semisal si kecil setelah melakukan vaksinasi DPT, pasti malamnya atau keesokan harinya akan mengalami demam.

Anda jangan langsung panik dan bingung dengan kondisi si kecil saat terserang demam, sebab hal tersebut merupakan reaksi tubuh terhadap toksin kuman yang sudah dilemahkan yang masuk ke dalam tubuh. Dijelaskan pada situs immunizationinfo.org, imunisasi DPT mengandung whole cellular pertussis yang memang dapat menyebabkan reaksi panas yang tinggi pada tubuh. Imunisasi DPT ini diberikan pada si kecil untuk mencegah penyakit seperti difteri, pertuis dan tetanus.

Tidak hanya itu, dilangsir pada situs parenthood360.com, pasca imunisasi DPT dapat berupa demam di atas 38,5ºC pada 42% anak yang divaksin. Vaksinasi DPT dapat menyebabkan demam di atas 38,5ºC pada sekitar 10% kasus. Jadi, demam ringan yang diderita buah hati Anda bisa disebabkan vaksin DPT.

Nah, kalau si kecil sudah terserang demam silakan diberikan obat penurun panas, bisa dengan memberi ramuan herbal tradisonal atau bisa juga obat-obatan kimia untuk menurunkan demam si kecil. Tidak hanya diberi obat, Anda juga bisa mengompres dengan air hangat di kepala dan badan si kecil bila panas tinggi dan bila besok pagi masih panas maka sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak terdekat.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading