Sukses

Parenting

Menurunkan Panas Pada Bayi Demam dengan Mandi

Bun, mungkin tidak sedikit dari Anda yang lebih memilih untuk tidak memandikan si kecil saat bayi demam. Biasanya, alasan Anda dan para Bunda lain adalah khawatir kalau-kalau dengan mandi malah akan membuat kondisi si kecil atau bayi yang sedang demam semakin buruk.

Namun, berdasarkan langsiran dari laman kesehatan cfpc.ca, mandi air hangat disertai meminum acetaminophen dan ibuprofen secara bersamaan bisa membantu menurunkan suhu badan pada saat bayi demam.

Bunda sebaiknya memberikan si kecil obat penurun panas terlebih dahulu sebelum memandikannya. Hal ini penting untuk dilakukan karena jika si kecil mandi tanpa minum obat akan menyebabkan bayi mengigil. Bayi mengigil karena tubuhnya sedang berusaha menyamakan suhu air mandi.

Dokter mungkin akan menyarankan Bunda untuk hanya membasuh si kecil setelah pemberian acetaminophen jika suhu badan si buah hati mencapai 39°C. Hal ini juga sebaiknya Bunda lakukan jika bayi yang demam cenderung untuk mengalami kejang atau step pada saat suhu tubuh meningkat.

Selanjutnya, hal yang perlu Bunda ingat saat memandikan bayi demam adalah sebaiknya jangan menggunakan air dingin dan tidak menggunakan alkohol karena dapat terserap oleh kulit. Untuk yang terakhir, Bunda mungkin perlu mewaspadai beberapa produk mandi seperti sabun dan atau shampo bayi.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading