Sukses

Parenting

Cara Mengukur Suhu Tubuh Bayi Demam Melalui Ketiak

Untuk mengetahui apakah bayi mengalami demam, tentunya Bunda harus mengukur suhu tubuh si kecil terlebih dahulu. Seperti telah disampaikan pada beberapa artikel terdahulu, mengukur suhu tubuh bayi demam dapat dilakukan melalui beberapa cara, yaitu rectum dan ketiak. Nah, sekarang saatnya Bunda mengetahui bagaimana cara mengetahui suhu tubuh bayi demam melalui pengukuran pada ketiak.

Menurut aboutkidshealth.ca, terdapat tiga langkah sederhana dalam pengukuran suhu tubuh melalui ketiak. Langkah pertama, letakkan bagian termometer yang menggelembung pada ketiak si kecil dan pastikan bagian tersebut tertutup sempurna dalam ketiak si kecil.

Kedua, tahan termometer pada ketiak si kecil, lalu tunggu beberapa saat sampai termometer berbunyi untuk melihat hasil pengukuran. Langkah terakhir, lihat, dan jika perlu catat, angka yang terdapat pada termometer yang menunjukkan suhu badan si kecil.

Suhu tubuh normal yang diperoleh melalui pengukuran ini adalah sekitar 36,7°C sampai 37,1°C. Artinya, jika Bunda mendapati suhu tubuh si kecil mencapai lebih dari batas normal tersebut, hampir dapat dipastikan bahwa sang buah hati sedang demam.

Selain cara pengukuran di atas, Bunda mungkin sering menjumpai pengukuran suhu tubuh dengan meletakkan termometer pada mulut dan atau telinga si kecil. Namun, penggunaan oral termometer sebenarnya kurang begitu cocok untuk bayi karena hasilnya tidak akurat.

Oral termometer lebih efektif digunakan untuk mengukur suhu anak berusia 4 tahun ke atas. Begitu juga dengan termometer yang diletakkan pada telinga. Jenis ini lebih tepat digunakan untuk anak yang berusia di atas dua tahun.

Demikian, semoga bermanfaat ya Bun.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading