Sukses

Parenting

Jenis-jenis Termometer Pengukur Suhu Badan untuk Bayi Demam

Bunda, sebelum mengetahuin cara mengukur suhu badan bayi demam, ada baiknya juga Bunda tahu jenis alat yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh tersebut. Semua jenis alat ukur suhu atau termometer berikut ini sangat mudah didapatkan di berbagai apotek terdekat dan atau langganan Bunda.

Berdasar informasi saliran dari laman babycenter.ca, ada sedikitnya tiga termometer yang bisa Anda gunakan untuk mengukur suhu tubuh si kecil untuk mengetahui tinggi demamnya. Termometer pertama adalah termometer digital yang sangat cocok untuk digunakan di rumah.

Termometer digital sangat akurat dan paling mudah digunakan karenan memberi isyarat bunyi ‘beeb’ saat alat ini menunjukkan hasil pengukuran. Biasanya, termometer ini digunakan untuk mengukur suhu tubuh melalui ketiak. Namun, alat yang sama juga akurat untuk mengukur suhu tubuh melalui rectum atau oral.

Jenis yang kedua adalah termometer telinga. Termometer jenis ini juga mampu menunjukkan hasil pengukuran yang sangat cepat dan akurat. Kerugiannya adalah termometer ini termasuk agak rumit digunakan dan, terlebih lagi, harganya lumayan mahal. Belum lagi, termometer telinga ini tidak efektif jika digunakan pada balita di bawah dua tahun.

Jenis termometer yang ketiga adalah forehead strips. Mirip seperti namanya, termometer ini berbentuk seperti stiker yang ditempelkan pada dahi si kecil saat demam untuk mengetahui suhu tubuh buah hati.

Stiker dilengkapi skala pengukuran untuk memudahkan Bunda mengetahui suhu tubuh saat pengukuran. Meski sangat mudah digunakan, termometer tempel ini memiliki kekurangan krusial, yakni hasil pengukuran kurang akurat karena alat ini hanya mengukur suhu permukaan kulit dahi, bukan suhu tubuh si kecil.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading