Sukses

Parenting

Apakah Bayi Demam Bisa Disebabkan Tumbuh Gigi?

Sering kali kita mendengar para orang tua mengeluhkan demam bayi yang dianggap terjadi akibat tumbuhnya gigi pada si kecil. Sebagian Bunda mungkin akan beranggapan seperti itu ketika demam terjadi bersamaan dengan tumbuhnya gigi pada si kecil.

Namun, benarkah bahwa tumbuh gigi pada bayi bisa menyebabkan demam seperti anggapan kebanyakan masyarakat? Bunda, melangsir informasi darilaman abc.net, dijelaskan bahwa tidak ada kaitan antara demam pada si kecil dengan tumbuhnya gigi yang dialaminya.

Profesor Melissa Wake, ketua peneliti untuk Center for Community Child Health yang berbasis di rumah sakit anak Royal, Melbourne, Australia menyatakan bahwa para orang tua tidak seharusnya berasumsi bahwa demam yang dialami anak terjadi atau diakibatkan tumbuh gigi. Hal ini disebabkan para peneliti dan pakar medis memang tidak menemukan adanya hubungan antara demam dan peristiwa tumbuh gigi pada anak.

Profesor Wake mengatakan bahwa sebagian besar anak mengalami tumbuh gigi pada usia 4 hingga 24 bulan. Pada rentang usia yang sama, bayi dan anak usia awal juga sangat rentan mengalami infeksi virus dan atau bakteri karena sistem imum si kecil yang belum sempurna.

Nah, infeksi virus dan bakteri inilah yang sering kali mengakibatkan demam bersamaan dengan tumbuhnya gigi pada si kecil. Pada saat yang bersamaan, kedua kondisi berbeda tersebut sering disalah-artikan orang tua dengan beranggapan bahwa demam yang dialami anak disebabkan tumbuh gigi.

Jadi jelasnya, antara demam bayi dan tumbuh gigi tidak memiliki keterkaitan medis.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading